Rabu, 28 Desember 2011

Penerapan Pendidikan Anti Korupsi di sekolah


Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kasus korupsi yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Transparasi Internasional, Indonesia menduduki peringkat ke 6 dari 133 Negara Terkorup. Kita tidak hanya bisa diam dengan kasus yang sangat rumit ini. Oleh karena itu, kita harus menyelamatkan generasi muda dari budaya korupsi yang telah mengakar di Negara kita ini. Memang susah untuk mengheentikannya, tapi bukan berarti kita tidak bisa kan?

Penyadaran atas dampak buruk korupsi ini harus diajarkan sedini mungkin. Entah dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Jika di lingkungan keluarga, Orang Tua dapat menjelaskan kepada anak-anak mereka tentang dampak buruk korupsi, maka di lingkungan sekolah pun guru harus mampu mengajarkan tentang pendidikan antikorusi ini. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengajarkan pendidikan antikorupsi di sekolah, dengan memasukannya dalam sub-bab pelajaran PKN. Karena jika ditinjau, PKN merupakan pelajaran yang paling cocok untuk mengajarkan pelajaran anti korupsi ini. Pelajaran ini dapat diajarkan berdasarkan jenjang dan umur siswa.

Bukan hanya teori, siswa pun membutuhkan praktek, karena "theory is nothing without practice "- teori tidak akan berguna tanpa praktek. Teori yang didapatkan siswa tersebut harus diimplementasikan. Bagaimana caranya? Caranya dengan membuka kantin kejujuran di sekolah. Di kantin kejujuran ini, siswa dituntut untuk melatih kejujurannya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa kantin kejujuran adalah salah satu bentuk self service-melayani diri sendiri. Yang dimaksud dengan self service adalah kita sendirilah yang akan mengambil, menghitung dan membayar barang yang telah kita ambil dari kantin tersebut, tidak ada penjaga, tidak ada kamera cctv, yang ada hanyalah kejujuran.

Dengan kantin kejujuran ini kita dapat melatih siswa untuk jujur dalam perbuatan sehingga membuat siswa kedepannya akan tetap mempertahankan kejujuran tersebut sehingga siswa akan terhindar dari budaya korupsi. Dan generasi muda penerus bangsa pun akan terhindar dari budaya korupsi dan dapat membawa Indonesia menjadi Negara Maju.



14 komentar:

  1. seharusnya seperti itu gan, korupsi makin merajalela nih

    BalasHapus
  2. recomended untuk di terapkan di madani kak :))

    BalasHapus
  3. kunjungan lagi dan baca-baca lagi


    ditunggu komennya ya sob

    BalasHapus
  4. Memang anti korupsi itu sebaiknya diajari sejak sedini mungkin sehingga akan terbentuk kebiasaan hidup jujur
    Nice share...

    BalasHapus
  5. Kunjungan silaturahmi malam saudaraku..
    Postingannya bagus mengingatkan kepada kita semua akan pentingnya menanamkan kejujuran

    BalasHapus
  6. iya, betul bang. makasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  7. pandangannya bagus :D ,
    salam kenal :D

    BalasHapus
  8. nice inpo sob... hadir kembali sobat... maaf baru bisa mampir ada halangan tadi... ehhe :)

    BalasHapus