Jumat, 15 Juni 2012

Makna Ambigu KAM-SE-U-PAY

Halo sahabat blogger, pernah tidak dengar lagu "kamseupay"? Tentu saja sebagian besar sudah pernah kan? Menurut kalian apa yang pertama kali dipikirkan setelah mendengarkan lagu itu? Apakah lagunya bagus? Atau personil girlbandnya cantik-cantik? Saat ini saya akan membahas pesan yang tersirat dalam lagu itu dan dampaknya dalam kehidupan kita.

Lagu "kamseupay" yang dipelopori oleh girlband Lollipop ini sangatlah populer di telinga masyarakat, khususnya kalangan anak-anak dan remaja. Walaupun demikian lirik lagu ini sedikit menyesatkan (menurut saya) jika kita perhatikan mendalam.

Jangan dekat-dekat denganku
Karena kamu bukan level-ku
Kita beda kasta, beda segalanya
Jangan mimpi saingi aku
Kalau kamu masih punya malu
Modal dengkul aja, gak ada harganya

Gaya lo…
Tingkah lo…
Muka lo…
KAM-SE-U-PAY


Ini baru sepenggal lirik lagu kamseupay(belum seluruhnya) yang bermakna kurang bermoral bagi saya. Teman-teman bisa bayangkan jika anak-anak terbiasa mendengar dan menyanyikan lagu ini, kemudian anak-anak menyerap setiap kata yang ada di lirik lagu ini. Dan akhirnya mereka menarik kesimpulan bahwa  pembedaan kasta(red-pilih-pilih teman) merupakan hal yang biasa saja dalam kehidupan ini. Bagaimana mungkin anak-anak dapat bersosialisasi dengan baik. ketika seorang anak kaya (berkecukupan finansial) memusuhi temannya yang kurang mampu(ekonomi lemah) dengan alasan si "miskin" KAMSEUPAY (Kampungan Sekali Uh.. Payah).

Moral anak-anak bangsa bisa rusak hanya dengan mendendangkan lagu ini. Terlebih lagi lagu ini diputar di stasiun televisi setiap hari. Namun, saya tidak bisa serta-merta menyalahkan pihak penyanyi atau si pembuat lagu karena hal tersebut merupakan hak dalam berkarya. Mungkin saja keadaan ini disebabkan oleh kurangnya industri lagu anak-anak sehingga memaksa mereka untuk mendengar lagu yang bukan untuk umurnya. Namun akan lebih baik jika kita membuat lagu dengan makna postif.

Dalam kasus ini pengawasan orangtua sangat diperlukan. Orangtua dapat memberikan pengertian untuk tidak mencontohi apa yang tersirat dalam lirik lagu tersebut. Harapan saya kedepannya Penulis lagu dapat membuat lirik lagu yang bermakna yang baik dan dapat menyampaikan pesan moral untuk kehidupan, bukan menyiratkan makna ambigu seperti lagu ini(red-kamseupay).

6 komentar:

  1. emang bener gan saya setuju dengan opini trsbut karena anak-anak harus mendapat contoh dan hal positif sejak dini agar tumbuh menjadi generasi yang berkualitas.,.


    BalasHapus
  2. benar banget tuh.. makin lama makin banyak yang gak punya teman nih..

    BalasHapus
  3. betul nieh.. lirik atau conten lagu emang peru diawasin juga ni....

    BalasHapus